Ronald Koeman: Pelatih Baru Netherland?

BeritaPialaDunia – Netherland telah mengkonfirmasi berita dilantiknya Ronald Koeman sebagai pelatih baru dengan kontrak empat setengah tahun. Statemen dari pihak KNVB, organisasi sepak bola Netherland, menyatakan bahwa Koeman sudah resmi akan bergabung dengan tim Orange. Perjanjian kontrak yang disepakati adalah empat setengah tahun dan dipastikan ia akan menjadi pelatih Netherland sampai World Cup 2022 nanti.

Sebagai mantan pemain, Koeman yang sekarang berumurr 54 tahun ini, merupakan legenda timnas Netherland. Ia telah membawa kemenangan sebanyak 78 kali dan rekor sebanyak 14 gol selama ia aktif pada tahun 1982 sampai 1994. Koeman bahkan berhasil membawa Netherland meraih kemenangan pada World Cup 1998 bersama trio Ruud Gullit-Frank Rijkaard-Marco van Basten yang sangat fenomenal saat itu.

Selain sebagai pemain legenda, Koeman juga memiliki catatan sebagai pelatih. Ia sebelumnya berpengalaman melatih Ajax, Benfica, PSV Eindhoven, Valencia, AZ, Feyenoord, Southampton, hingga Everton.

Koeman membawa Everton menjadi ranking tujuh pada awal musim ketika dia melatih di sana. Selain itu dia juga mengangakat Southampton menjadi ranking enam dan tujuh di Premier League dalam kurun dua tahun selama ia tinggal di St Mary.

Walau memiliki catatan baik Koeman sempat mengalami lembaran hitam dalam karirnya. Sebelum dilantik menjadi pelatih timnas Netherland, Ia sempat menjadi pengangguran. Ia dipecat sebagai pelatih Everton pada bulan Oktober lalu.

Ia dipecat karena Everton mengalami kegagalan dan harus turun ke ranking 18 pada Premier League. Everton mengalami kekalahan berantai dibawah bimbingan Koeman, hanya berhasil mengang dua kali dari total 9 pertandingan.

Walaupun memiliki catatan kegagalan dalam memimpin Everton, banyak dukungan yang muncul dengan dilantiknya Ronald Koeman ke timnas Nehterland. Sebelumnya timnas Netherland mengalami masa pahit. Masa pahit ini merujuk pada Netherland yang gagal lolos untuk ikut World Cup 2018. Kegagalan tersebut tentu menyakitkan karena ini berarti tim Orange mengalami kegagalan beruntun. Kegagalan sebelumnya adalah tidak lolosnya Netherland pada tahap qualifikasi Euro Cup tahun 2016.

Koeman dipastikan akan menggantikan Dick Advocaat yang mengundurkan diri setelah gagal menuntun Netherland untuk masuk World Cup 2018.

“Saya sangat positif tentang masa depan tim ini. Kita memiliki banyak pemain yang bagus tapi kita tetap harus melakukan suatu perubahan, perubahan ini akan saya umumkan pada tahap berikutnya,” kata Koeman dalam wawancaranya dengan pihak BBC.

“Menurut saya Netherland harus dan pasti lolos masuk qualifikasi bahkan masuk ke final, saya melihat kesempata terang untuk hal ini. Itulah mengapa saya mengambil kesempatan ini,” tambahnya setelah disinggung tentang masalah World Cup 2022.

Ia akan memulai debutnya sebagai pelatih tim Netherland pada 23 Maret melawan England. Mari berharap agar Koeman dapat melakukan pekerjaan pelatih dengan sebaik mungkin.